Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mendapatkan Gaji Pertamamu



Ini pengalaman saya sendiri. Singkat cerita saya anak bungsu yang selalu bikin khawatir ortu, maka mereka pun tidak setuju jika saya melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dengan mencari kos tempat tinggal sendirian. Mereka menginginkan ada teman satu indekost setidaknya yang harus saya pertemukan ke mereka. Karena teman-teman dekatku rata-rata memiliki rumah sendiri di kota sana, saya pun gak bisa berkata banyak. Singkat cerita berkerjalah saya. Saya berkerja di suatu daerah kecil dengan gaji saat 2014 hanya  rp.500.000 sebagai admin. Yang mana hingga kini gaji saya sudah 2.5 juta (perusahaannya tidak mengikuti UMK) bisa dikatakan selama 8 tahun saya berkerja, saya baru menyadari pentingnya menabung 3 tahun lalu, saat gaji saya masih 2 juta.

Saya baru menyadari 5 tahun saya berkerja, tiada sepersenpun tabungan bersisa. Bahkan bisa dibilang rekening saya hanya bersisa seratusan. Entahlah uang terbeli apa saya bahkan tidak tahu. Setelah itu saya mulai mencari cara biar bisa menabung, mulai dari pengajaran youtube, blog, bahkan buku.

Ini beberapa hal yang hobbies perlu paparkan kepada pembaca sekalian. Ingat baik-baik dan jangan pernah dilupakan. JANGAN BERLEHA-LEHA MENGHAMBURKAN UANG LANTARAN ISI REKENINGMU BANYAK. 

Sebaiknya bikin perencanaan untuk masa depanmu. Jangan seperti saya yang baru sadar setelah 5 tahun berkerja. Kian lama waktu berlalu, kamu akan dilumat masa, dan menjadi tua. Ini akan menyedihkan jika waktu tua, kita tidak memiliki uang untuk hidup atau pun membayar biaya berobat.

Hal-hal yang saya sadari, sebaiknya teman-teman sekalian, ketika menerima gaji, langsung disisihkan berapa yang ingin anda tabung semisal 1.200.000 secara konsisten setiap bulan. Akan lebih baik jika kalian memiliki rekening lain yang tidak bisa diakses sesuka hati. Atau bisa juga teman-teman langsung top up reksadana. Dengan melihat kenaikan penghasilannya, saya tidak lagi memiliki keinginan menarik keluar uang yang makin lama akan makin bertambah. Hingga kini saya masih tetap berusaha menabung di reksadana. Sebab saya tahu setiap melihat isi rekening, saya akan berbelanja barang yang bukan bernilai komsumsi melainkan barang yang terbeli lantaran keinginan semata.

Ada baiknya juga teman-teman sekalian mulai mencatat pengeluaran, pemasukan, dan utang. Baik di buku maupun aplikasi. Saya sendiri memakai aplikasi. Dan setiap bulannya akan ada laporan yang bisa saya lihat bagian mana saya paling banyak mengeluarkan uang, dengan demikian saya akan mengevaluasi diri dan lebih konsisten pada rencana budget bulanan yang saya buat.


Saya tahu, saya bukanlah seorang ahli finansial. Namun, ini adalah blog hobby, dimana saya mengeshare hobi maupun info yang saya ingin bagikan. Saya ingin berbagi pengalaman supaya teman-teman sekalian tidak seperti saya yang kini malah menyesali menyia-nyiakan uang.

Semoga bermanfaat dan membantu teman-teman sekalian yang masih pemula soal mau digimanain gajinya ya. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKTA KECANTIKAN SELIR KAISAR CHINA

NOVEL THE LEGEND OF ZHEN HUAN BAGIAN 1 : PEMILIHAN (ATAS)

PREVIEW C-DRAMA (MAINLAND)