FAKTA KECANTIKAN SELIR KAISAR CHINA

Kita semua tahu bahwa seorang kaisar China dapat memiliki 3000 orang istri namun, apakah benar sebanyak itu? Dari segi logis, mustahil untuk meniduri semua istri-istri ini, butuh 9 tahun lebih untuk selesai meniduri seluruhnya, dan tentunya sang kaisar akan mati kelelahan menanamkan benihnya.
Sebenarnya, ungkapan 3000 selir itu Cuma kata kiasan menandakan kekuasaan seorang kaisar. Biasanya istana seorang kaisar memiliki 6-200 lebih selir yang menghuni, dan biasanya ada sebagian selir yang seumur hidupnya tak pernah mendapat perhatian kaisar. Kaisar akan memilih sendiri siapa selir yang akan tidur seranjang bersamanya.
Tetapi disini timbul pertanyaan,apakah benar semua wanita kaisar itu berparas jelita? Mari kita lihat pandangan orang China zaman dulu mengenai kecantikan seorang wanita.
Menurut para terdidik  zaman dahulu, seorang wanita dikatakan cantik apabila memenuhi criteria wajah indah sebulat rembulan, pinggul seperti labu matang, rambut hitam berkilau, tubuh subur, bibir kecil seperti ceri. Bisa dikatakan kebalikan dari criteria kecantikan zaman sekarang. Criteria seperti ini berlangsung selama beratus-ratus tahun hingga musnahnya dinasti Qing.
Patung Yang Gui Fei salah satu 4 beauties of China

Gimana? Tak percaya?? Mari kita lihat buktinya! Gambar dibawah ini adalah foto maharani Cixi bersama para selir kaisar Guangxu.


maharani Cixi bersama para menantunya
Selain itu masih ada foto lainnya, seperti berikut ini.

selir pada akhir masa dinasti Qing


puteri dan para bangsawan wanita


maharani Cixi bersama puteri bangsawan lainnya

consort Zhen wanita kesayangan kaisar Guangxu

para pangeran dan puteri bersama ibunya






 Nah yang ini bisa dianggap paling cantik diantara foto-foto yang saya temukan.



istri tak sah Sun Yat Sen seorang gadis jepang


gadis ini sepupu ratu Huangrong ratu terakhir dinasti Qing



Selain itu hobbie juga menemukan photo kaisar Guangxu




Kaisar Guangxu
Lumayan tanpan ya?

Dengan berbagai sumber photo diatas, dapat hobbie simpulkan kalau TIDAK SEMUA wanita kaisar ‘secantik’ perkiraan kita, criteria ‘cantik’ menurut zaman ini pada masa itu dapat dikatakan cukup langkah. Satu lagi, lelaki-lelaki pada masa itu dapat dikatakan memenuhi standar.


Komentar

  1. omg wah jauh dari perkiraan ya, beda jauh samaa muka-muka cewe chinese jaman sekarang. apalaagi sama princess-princess yang di film china itu kaya bu bu jing xin sama huan zhu ge ge hahaha

    BalasHapus
  2. Gw kirain bening kyk di film2.. Masih jauh lbh baik lucinta luna..

    BalasHapus

Posting Komentar

silakan memberikan komentar, mohon tidak menggunakan bahasa yang agak ataupun terkesan kasar

Postingan populer dari blog ini

NOVEL THE LEGEND OF ZHEN HUAN BAGIAN 1 : PEMILIHAN (ATAS)

PREVIEW C-DRAMA (MAINLAND)